Follow Eminem Indonesia

13 April 2016

HIP-HOP BUKAN HANYA DARI SUARA EMINEM

Halo seluruh Stan! Gimana kabarnya semua? Baik-baik kan! Akhirnya, saya diberikan kesempatan lagi untuk menulis sesuatu tentang hip-hop, setelah sekian lama. Soalnya, berhari-hari harus mempersiapkan untuk ujian di kampus, padahal cuma 1 materi tetapi krusial buat masa depan.

Beberapa hari yang lalu, ketika sedang istirahat, saya sempat berjalan-jalan berkeliling dunia maya, terutama Facebook untuk sekedar mengecek notifikasi, atau cek-cek berita atau tulisan yang keren atau sekedar hal-hal lucu di Internet. Dan, di dalam acara jalan-jalan tersebut, saya menemukan satu foto yang dishare oleh teman saya, kira-kira seperti inilah fotonya.


Selain itu, ada salah satu anggota yang cukup aktif di grup Eminem Indonesia yang membuat postingan seperti ini juga, dengan menggunakan foto diatas. Seperti ini kira-kira postingannya.


sumber postingan dan komentar : disini (kalo belum gabung grupnya, yuk gabung!)
Di postingan tersebut, banyak orang yang setuju dan tentu saja banyak yang tidak setuju. Contohnya, 2 komentar berikut ini (sori ga gue blur).



Let's be honest, jika misalnya postingan tersebut dibuat 5-6 tahun lalu ketika saya masih seumur jagung dalam mengenal hip-hop, ketika playlist lagu saya masih kebanyakan lagu Eminem. Mungkin, saya akan berkomentar serupa, seperti
"Ini grupnya Eminem, kalo mau bahas rapper lainnya atau hip-hop secara general, sori ini bukan grup yang tepat"
atau sekedar komen
"Mmmm... O AJA YA KAN!!!"
(komentar ini mungkin tidak relevan jika dibuat 5-6 tahun lalu, atau mungkin bisa menginspirasi lagu Young Lex kelak, who knows?)

Yup, untungnya postingan ini dibuat pada saat ketika telinga saya mulai akrab dengan berbagai macam artis Hip-Hop, atau lebih tepatnya ketika saya sudah bosan dengar lagu Eminem, atau lebih tepatnya bosan menunggu lagu Eminem yang baru. Sehingga, saya tidak perlu komentar seperti yang disebutkan sebelumnya. Tentu saja, saya sangat setuju dengan postingan dari agan Muhammad Syaputra karena menurut saya, kita tidak bisa dianggap sebagai fans hip-hop ketika playlist kita kebanyakan diisi lagu Eminem.

Secara logika, dapat disebut juga sama dengan ketika kita nganggap sebagai fans berat Musik Rock ketika kebanyakan playlist kita itu lagunya Linkin Park, atau kita nganggap sebagai Metal-head ketika lagu yang jadi playlist kebanyakan dari Korn, atau ketika kita ngaku sebagai fans sejati musik Jepang atau hal-hal berbau Jepang, ketika koleksi musik atau video kita kebanyakan dari AKB48 atau 48 lainnya. (speaking of AKB48, diantara 2 member ini kerenan mana ya? Kanan apa kiri? tolong jawab di komen ya!)


(itu juga sindiran buat gue sih, sori, cuman intermezo dan survey kok, kembali ke postingan!)

Meskipun perkataan bro Muhammad Syaputra tadi emang bener, mari kita tidak menghilangkan fakta bahwa Eminem merupakan rapper terbaik sepanjang masa. Dan, tentu saja, saya harus ngaku bahwa saya mengenal Hip-Hop karena secara tidak sengaja mengambil beberapa lagu Eminem dari hard disk teman ketika mau copy materi pelajaran SMA serta film-film buat ditonton ketika malam minggu (maklum jomblo dari lahir). So, dapat disimpulkan bahwa Eminem membuka mata saya untuk memiliki koleksi lagu Hip-Hop lumayan banyak entah itu di hape atau di laptop sekarang ini. Mengalahkan album pop atau rock yang ada, bahkan metal (cuma satu doang sih kalo metal, itu juga dari Babymetal doang, biasa sih).

Kita juga harus tidak melupakan fakta juga kalo Eminem layak memperoleh apa yang diinginkan, seperti 15 Grammy Awards, 1 Oscar, dan berbagai penghargaan lainnya, yang memang membuat dia layak dianggap sebagai "Rap God" (meski saya pribadi ga setuju sih). Kita juga tidak melupakan fakta bahwa Eminem merupakan rapper dengan kemampuan lirik yang sangat kuat, sadistik, dan sangat teknis. Kita juga tidak melupakan bahwa kebanyakan rapper muda yang ngetop sekarang juga menganggap Eminem sebagai salah satu inspirasi mereka, contohnya Kendrick Lamar, J. Cole, B.o.B, Tyler The Creator, dan lainnya. Dan masih banyak hal positif atau penghargaan yang sudah diperoleh Eminem dan memang dia layak untuk mendapatkannya.


Bolehlah kita menyebutkan jika Eminem memang mempunyai lebih dari 300 lagu, entah itu dirilis ataupun belum dirilis (mungkin aja ada waktunya Eminem untuk rilis semacam "untitled unmastered"). Dan, tentu saja kita bisa mendengarkan lagu Eminem setiap hari. Tetapi, sebagai manusia biasa, pasti tentu saja semuanya pasti ada batasnya, apalagi ketika kita telah terpapar oleh hal yang sama secara berturut-turut. Pada umumnya disebut dengan rasa bosan. Kelak, pasti akan ada waktunya kita untuk bosan mendengarkan lagu Eminem, atau mungkin bagi para cewek-cewek, melihat wajah Eminem yang awet muda di usianya yang sudah kepala 4. Sama seperti mungkin beberapa cowok melihat foto kedua cewek diatas selama berkali-kali, termasuk saya.

Mungkin sekarang, kita bakal bilang 
"KITA GA BAKAL BOSEN!! PERCAYALAH!!"
Tapi, percayalah, rasa bosan itu akan muncul. Dan, bisa aja rasa bosan yang sudah berlebihan akan menghadirkan rasa benci. Mungkin, kita bakal jadi benci sama Eminem, hal yang tentu saja tidak boleh terjadi, tentu saja untuk komunitas Eminem Indonesia. Atau, mungkin saja, ada yang menganggap Eminem overrated. WHO KNOWS? Apalagi, banyak yang menyebutkan kalau kemampuan Eminem dalam memilih beat di lagu-lagu yang terakhir ini sudah mulai menurun, or beatnya lagu Eminem ga begitu asik (it's tragically, true!), dapat dilihat dari rating album Eminem di berbagai media kritik musik yang cenderung menurun (bahkan Pitchfork Media ngasih album Recovery nilai 2.8 dari 10, SHADYXV bahkan dikasih 2.0 dari 10)

This makes Kendrick's lyric on "Mortal Man" so relevant for this blog!
"If shit hits a fan, is you still a fan?"
Sehingga, untuk menghindari rasa bosan yang cenderung berlebihan, alangkah baiknya kita memperluas wawasan kita terhadap hip-hop, dengan menambah berbagai macam referensi, banyak kok artis hip-hop di luar sana, entah itu Lokal atau Internasional yang punya karya bagus. Apalagi, bagi teman-teman yang ngefans Eminem, banyak rapper Lokal atau Internasional yang menurutku bisa mengobati rasa bosan kalian terhadap Eminem, bahkan dengan tema yang cenderung beragam. Jadi, yup, janganlah merasa cuek untuk apresiasi genre hip-hop. Bukalah mata kalian, perluas referensi kalian, hip-hop bukan hanya berasal dari suara Eminem saja, masih banyak mulut rapper lain yang layak diperhatikan dan didengarkan.

So, hilangkan rasa cuek kalian untuk hip-hop!


NB : Tentu saja prinsip "bosan" ini tidak cocok digunakan dalam hal percintaan, tetapi dalam hal seni, wajar kok!

Tulisan ini sekedar opini saja :)

Silahkan add Facebook atau follow Twitter saya di @FarhandikaM (entar bisa tanya lebih lanjut lewat kedua akun tersebut jika mau tau akun lainnya), jika ingin sekedar bersilaturahmi atau sekedar mau tau siapa nama kedua cewek diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar